Rabu, 06 Juni 2012

Cikrak Daun (Mountain Leaf Warbler)

Cikrak Daun (Mountain Leaf Warbler) atau orang Surabaya bilang burung pare pare hehehe, burung berukuran kecil ini (sekitar 11 cm) berasal dari suku Sylviidae, berwarna kuning kehijauan dan mempunyai strip hitam dikepala. mencari makan di tajuk pohon yang tinggi berbaur dengan jenis burung lain, makanan utama burung ini adalah serangga kecil, kupu-kupu dsb. burung kecil mungil ini tersebar di Semanjung Malaysia, Sunda Besar, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. 

Seperti jenis Warbler lainnya, burung Cikrak Daun ini mempunyai suara nyanyian yang merdu dan lantang meskipun ukuran tubuh burung ini kecil mungil, mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya serta lebih cepat bunyi bila kita pelihara.
di Surabaya sendiri banyak yang menjual burung ini (yang kata sipenjual nama burung ini adalah burung pare pare), akan tetapi masih kalah laku dengan burung kacamata atau Oriental White-eye. meski begitu, jika melihat suara nyanyian burung Cikrak Daun ini, menurut saya hehehe menurut saya ya, masih lebih enak di dengar ketimbang nyanyian burung kacamata (sekali lagi, menurut saya). jika ada yang mempunyai burung Cikrak Daun yang sudah nge-roll atau sudah jadi, bisa dibandingkan deh suaranya dgn burung Kacamata hehehe.

Suara burung Cikrak Daun :
http://www.xeno-canto.org/69104#



4 komentar:

  1. cara membedakan jantan betinanya gimana ya om??

    BalasHapus
  2. cara membedakan jantan berina gmna boss.??

    BalasHapus
  3. gari hitam , d kepalanya ,yang tebal jantan,yang lebih tipis betina ,


    salam pleci KDR mania sejagad ,

    BalasHapus
  4. makaci sharenya gan...,,,

    BalasHapus