Kamis, 07 Juni 2012

Merdunya suara si Remetuk Laut

Burung Remetuk Laut atau Golden-bellied Gerygone or nama lokal Surabaya burung siur berukuran kecil imut mungil hehehe sekitar 9 cm, tetapi jangan diremehkan, meskipun kecil tetepi suara nyanyian sangat kencang dan merdu berupa getaran dan siulan dengan beberapa nada indah mengalun mendayu-dayu. burung ini hidup di daerah pesisir hutan mangrove berlompatan riang di cabang-cabang pohon untuk mencari makanan kegemaran mereka, yaitu serangga kecil yang ada di daun.

Si Remetuk Laut ini mempunyai warna perut kuning, makin turun kebawah atau kekang berwarna putih, tubuh bagian atas coklat ke abu-abuan, dagu dan tenggorokan berwarna kuning bersih, paruh mungilnya berwarna hitam tegas serta di ujung ekornya terdapat bintik berwarna putih dan burung ini hanya ada di benua Asia Tenggara saja.

Jika kita suka mancing di pinggir hutan mangrove atau di tambak yang banyak pohon-pohon rindang, dengan sangat mudah kita akan mendengar nyanyian si Remetuk Laut kecil ini, seolah-olah menemani kita di kala menunggu ikan menyantap umpan di kail. Karena ukuran tubuhnya yang mungil ini, kita akan sedikit susah melihat dengan mata telanjang hehehe dan disamping itu, burung ini sangat aktif bergerak kesana kemari.

Suara si Remetuk Laut dapat didengarkan disini :
http://bio.undip.ac.id/sbw/sounds1/remetuk-laut_tambaksari_190606_01a.mp3
http://bio.undip.ac.id/sbw/sounds1/remetuk-laut_jrakah_260806_01e.mp3 

Remetuk Laut, penyanyi ulung bertubuh mungil 



2 komentar:

  1. Siulan burung ini khas sekali, setiap kali lewat hutan karet, rasanya bikin hati adem. Sayang sekali sangat sukar untuk dimiliki. Semoga tetap lestari. Thx infonye.

    BalasHapus
  2. Kok namanya remetuk laut ya?
    Padahal dikebun karet sy banyak betul buring ini
    Suaranya merdu indah

    BalasHapus