Rabu, 06 Juni 2012

Raja Udang atau Cekakak (Kingfisher)

Burung Raja Udang atau Cekakak atau Tengkek atau nama Inggrisnya yaitu Kingfisher, sesuai namanya burung ini memakan ikan disungai atau ditepi pantai atau disekitar hutan mangrove dan ditepi sungai, selain memakan ikan, burung ini juga memakan siput-siput kecil, kepiting kecil dan lain-lain. burung ini merupakan family dari Alcedinidae yang terbagi menjadi 3 sub family yaitu Alcedo, Halycon and Ceyx , tersebar merata diseluruh belahan dunia.

Burung ini bersarang di tanah dengan membuat lobang, masing-masing sub family memiliki ukuran tubuh yang berbeda, yang terkecil adalah berukuran 13cm sampai 15cm berasal dari sub family Ceyx and Alcedo, sedangkan yang dari sub family Halycon rata-rata mempunyai ukuran yang besar, sekitar 20cm++.

Si Raja Udang ini dapat kita temui di tepi-tepi sungai dengan mudah, selalu bersuara ribut serak seperti "kek kek kek, craaak craaak" kira-kira seperti itu hehehe.
meskipun berbeda ukuran tetapi ada satu kesamaan di family Alcedinidae ini, yaitu, burung ini mempunyai paruh panjang dan kuat, serta penampilannya mirip badut or clown , jadi sangat lucu ketika melihat burung ini.

Photo dari burung Raja Udang or Kingfisher:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar