Jumat, 08 Juni 2012

Sikatan Biru-muda (Pale-blue Flycathcer)

Sikatan Biru-muda (Pale-blue Flycatcher) atau orang Surabaya bilang burung Selendang Biru hehehe, burung ini berasal dari family Muscicapidae dan masuk kedalam genus Cyornis. burung ini memiliki ukuran tubuh sekitar 16 cm, burung jantan memiliki warna bulu biru pucat, tenggorokan dan dada berwarna biru pudar dan perut kebawah berwarna keputih-putihan sedangkan burung betina berwarna bulu coklat, ekornya berwarna lebih coklat kemerahan (bata) serta memiliki lingkar mata kekuningan. burung ini terdapat di Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam.

Habitat burung ini adalah di hutan dataran rendah dan pemakan serangga seperti halnya jenis Sikatan (Flycatcher) lainnya. dan burung ini memiliki nyanyian manis, nyaring, menurun dan diakhiri dengan tiga nada menaik yang harmonis.

Di Surabaya sendiri, tepatnya di pasar burung Kupang, dulu banyak sekali yang jual burung ini hehehe, sekitar 10 tahun yang lalu. sekarang sudah sangat jarang ada yang jual, mungkin karena burung ini kalah pamor dengan kerabat dekatnya yaitu Sikatan Cacing (Cyornis Banyumas) atau yang lebih dikenal dengan Tledekan Pring. 
hanya satu dua ekor saja yang aku lihat di pasar burung tersebut, tetapi ada juga penjual yang menjual jenis burung Sikatan lainnya yang warna tubuhnya sama persis dengan Sikatan Biru-muda ini, yaitu Sikatan Ninon (Indigo Flycatcher) atau orang Surabaya bilangnya burung sitrun hehehe. memang burung Sikatan Ninon ini masih berkerabat dengan Sikatan Biru-muda akan tetapi, ukuran tubuhnya berbeda, Sikatan Ninon lebih kecil daripada Sikatan Biru-muda dan memiliki warna hitam di lingkar mata serta memiliki suara yang berdesis dan bergetar, tidak melodic seperti Sikatan Biru-muda. kadang-kadang sang penjual bilang kalau burung Sikatan Ninon itu adalah Sikatan Biru-muda hehehe, entah si penjual itu benar-benar tidak tahu jenis burung itu atau memang berniat mau curang (menipu).  jadi hati-hati ya bila mau membeli burung ini. 

Suara burung Sikatan Biru-muda (Pale-blue Flycatcher) atau Selendang Biru:
http://www.xeno-canto.org/57233 
http://www.xeno-canto.org/29999 

Sikatan Biru-muda atau Selendang Biru :


2 komentar: