Minggu, 10 Juni 2012

Fulvous-chested Jungle Flycatcher

Fulvous-chested Jungle Flycatcher (Rhinomyias olivaceus) merupakan burung jenis Sikatan dari keluarga besar Muscicapidae genus Rhinomyias. memiliki ukuran tubuh kecil sekitar 14 cm, tubuh berwarna coklat, tenggorokan berwarna putih, dada berwarna coklat semu kemerahan dan paruh hitam.

Habitat burung ini adalah di hutan-hutan dataran rendah subtropis dan tropis, seperti halnya jenis Flycatcher lainnya, burung ini mencari makan berupa serangga di tajuk-tajuk pepohonan yang tidak terlalu tinggi.

Penyebaran burung ini meliputi  Brunei, China, Indonesia, Malaysia, Myanmar, and Thailand.
Suara nyanyian burung ini hampir mirip atau sama dengan nyanyian khas Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) keras dan lantang serta memainkan ekornya naik turun dan nyeklek.

Secara penampilan, burung ini hampir mirip dengan burung Sikatan Bubik dan Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) betina. kalau Sikatan Bubik (Asian Brown Flycatcher) warna bulunya berwarna coklat ke abu-abuan dan memilik lingkaran putih di matanya (mirip kacamata) serta kaki berwarna hitam. sedangkan bedanya dengan Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) betina ada di warna dada dan warna tenggorokan, Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) betina dada dan tenggorokan berwarna kuning jingga kemerahan, semakin turun ke perut berwarna coklat.  sedangkan Sikatan Rimba ini (hehehe, maaf jika menyebutnya Sikatan Rimba dikarenakan belum tahu apa nama pasar burung ini) tenggorokan berwarna putih dan dada kecoklatan lalu turun keperut berwarna putih lagi serta kaki berwarna kemerahan atau pink kemerahan.

Di pasar burung kadang kala (jika kita beruntung) kita akan mendapati burung ini di jual, akan tetapi, biasanya orang-orang akan berpikir kalau burung ini adalah burung Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) betina. padahal itu tidak benar hehehe.
kebetulan lagi, dua minggu yang lalu aku mendapatkan satu ekor (beruntungnya lagi, tampaknya si penjual masih belum mengerti akan burung ini, imbasnya, burung ini harganya muraaah hehehe), satu ekor burung yang amat sangat jarang ada di pasar burung hehehe. 
dua hari aku rawat, si burung ini mulai bunyi dan bunyinya amat sangat mirip dengan Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) keras dan lantang.

Suara burung Sikatan Rimba bisa didengar disini:
http://www.xeno-canto.org/38434 


Photo burung Sikatan Rimba yang aku dapatkan dari pasar burung :




Photo referensi Sikatan Rimba :




Photo Sikatan Cacing (Sulingan atau Tledekan Pring) betina :





Photo burung Sikatan Bubik (Asian Brown Flycatcher) :




4 komentar:

  1. om sekarang sikatannya gimana dah bisa kemasukan suara burung lainya ga?,aku baru angkat 20ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. burungnya sudah dibeli teman sendiri, waktu dapat dulu suaranya masih standar, blom ada isian..:)

      Hapus
  2. Ane punya tledekan rimba, masih trotol umur 2bln, jinak, dh mulai koar2 klo subuh.. Lumayan suara'y mewah gan..sensasi hutan rimba.. Hehe

    Idris rifai
    Serang-banten

    BalasHapus
  3. klo di tempat ane namanya tledekan batu om, cuma bedain laki ceweknya gimana om ?

    BalasHapus