Rabu, 06 Juni 2012

Eksotisnya Burung Madu atau Sunbird

Burung Madu atau Sunbird atau nama lokalnya Sogok Ontong adalah burung kecil pemakan nektar bunga dan serangga kecil yg berasal dari family Nectariniidae , sebenarnya ada lagi selain Sunbird di family ini, yaitu Pijantung atau Spiderhunter, tetapi seperti judul diatas hehehe, aku akan membahas tentang Sunbird, karena apa? karena burung ini mempunyai warna bulu yang indah, berwarna warni dan mempunyai nyanyian khas burung kecil lainnya yaitu ribut berisik.

Di Surabaya, orang2 menyebut burung ini dgn nama Kolibri, sangat salah sekali , tapi biarlah mereka menyebut apa burung ini, yang pasti, dah ada pakem internasional, Kolibri itu gak sama dgn Sunbird, memang sama-sama memakan nektar bunga tetapi ibaratnya manusia, yang berbeda ras, seperti Kaukasian, Asian and African, naah si Kolibri juga begitu hehehe... Kolibri ini menyebar di benua Amerika and sebagian di benua Eropa, sedangkan Sunbird beredar di benua Afrika, Asia dan sebagian Australia karena Australia mempunyai jenis burung yang masih kerabat dengan Sunbird, yaitu Honeyeaters yang bertubuh lebish besar daripada Sunbird hehehe...dan satu lagi, dari nama ilmiah antara burung Kolibri sama burung Sunbird juga berbeda, jika Kolibri berasal dari family Trochilidae sedangkan Sunbird berasal dari family Nectariniidae.

Beberapa dari burung Sunbird ini ada yang hampir mirip antara satu sama lain, contohnya Brown-throated Sunbird (burung madu kelapa) dengan Red-throated Sunbird (burung madu leher merah), kedua burung ini punya bentuk penampilan yang sama, tetapi bedanya ada di warna yang ada di lehernya saja, jika Brown-throated Sunbird leher berwarna brown coklat ada garis biru metalic ditepi warna coklat tersebut sedangkan Red-throated Sunbird garis warna biru metalic itu digantikan oleh warna merah di antara warna brown coklat di lehernya.
jenis Sunbird yang umum di piara oleh kicaumania yaitu jenis Brown-throated Sunbird (burung madu kelapa), Ruby-cheeked Sunbird (burung madu belukar) serta Olive-backed Sunbird (burung madu sriganti), karena jenis ini mudah beradaptasi dgn lingkungan dan cepat bunyi.

Suara burung Madu Leher Merah atau Red-throated Sunbird :
http://www.xeno-canto.org/67602

Beberapa photo dari burung Madu atau Sunbird :

5 komentar:

  1. Kapan anakan burung ini berganti bulu? Kan kalo masih trotol susah sekali membedakan jenkel-nya.

    BalasHapus
  2. Gan, mnta suara pleci yang ngerol'y panjang donk skalian suara burung sunbird lagi,,:)

    terima kasih Gan,

    BalasHapus
  3. ada yg jual ga didaerah bekasi

    hbngi 087737946376

    BalasHapus
  4. burung ini makanannya apa bos???

    BalasHapus